Cara Memilih Motor Bekas Yang Bagus dan Murah

Feb 20, 2013

Cara Memilih Motor Bekas Yang Bagus dan Murah, Membeli motor bekas bagus dan layak adalah salah satu solusi bagi sebagian orang yang memiliki budget yang terbatas sehingga mereka tidak mampu membeli motor baru. Bagi saya, membeli motor bekas yang masih layak adalah salah satu pilihan terbaik, meskipun mungkin bagi anda akan cukup sulit menemukan motor bekas dengan kondisi bagus.
Cara Memilih Motor Bekas Yang Bagus dan Murah

Sebenarnya ada banyak hal yang harus diperhatikan untuk mengetahui kondisi motor bekas yang hendak anda beli. Mau tahu caranya? Berikut ini ada beberapa tips membeli motor bekas.


1. Harga
Terlebih dahulu cek pasaran harga sepeda motor bekas. Anda bisa mencari-nya di koran, majalah, atau internet, atau anda bisa bertanya pada orang yang berpengalaman. Hal ini perlu agar anda memiliki informasi harga yang akurat untuk melakukan penawaran.


2. Kondisi Fisik
Jika akhirnya anda sudah menemukan sepeda motor bekas yang ingin anda beli, langkah selanjutnya adalah memeriksa kondisi body, spion, baut, dan lain sebagainya. Perhatikan apakah anda menemukan banyak goresan, kondisi retak ataupun pecah. Alangkah lebih baik jika masih menggunakan spare part original.


3. Nomor Rangka dan Mesin
Periksa nomor rangka dan mesin motor, pastikan cocok  dengan nomor seri pada STNK maupun BPKB. Hal ini penting untuk menghindari penipuan karena saat ini ada banyak motor curian yang dijual kembali dengan STNK dan BPKB palsu.


4. Hidupkan mesin
Coba hidupkan mesin motor tersebut, apakah bisa stationer atau langsam. Karena kondisi pada mesin yang tidak bermasalah dapat langsam pada putaran kurang lebih 1500 rpm. Dengarkan baik-baik dan pastikan mesin tidak menghasilkan bunyi-bunyian yang kasar.

5. Jika anda diberi izin, cobalah untuk mengendarai motor itu agar anda tentu bisa merasakan apakah ada kelainan pada motor tersebut, baik pada handling atau pada akselerasinya, dll.

Beberapa tips membeli motor bekas yang sudah kita bahas adalah hal yang paling dasar untuk dilakukan ketika anda ingin membeli motor bekas. Masih banyak hal lain yang mungkin bisa di lakukan seperti memeriksa sistem kelistrikan, kondisi ban, apakah ada kebocoran oli dan lain sebagainya. Informasi ini membantu anda membandingkan harga yang ditawarkan oleh penjual dengan kondisi motor yang akan dijual tersebut. Semoga tips ini bisa bermanfaat.


sumber: http://luvmomz.blogspot.com/2012/08/tips-membeli-motor-bekas-bagus-dan-layak.html
 

Most Reading